Tips Memilih Perusahaan Sekuritas

Saat ini, pasar modal semakin ramai diminati. Tips memilih perusahaan sekuritas pun sangat diperlukan dalam mendapatkan perusahaan sekuritas terbaik. Nah, sebelum Anda turut bermain dalam saham, maka Anda harus memilih sekuritas terbaik.

Cara Pilih Sekuritas

Tugas dari perusahaan sekuritas ini adalah sebagai perantara transaksi antara pihak investor dengan pasar modal. Nantinya, perusahaan sekuritas ini akan memberikan Anda rekomendasi saham terbaik yang cocok untuk Anda.

  1. Terdaftar Secara Resmi di BEI dan OJK

Pastikan bahwa sekuritas merupakan perusahaan legal. Dimana kelegalan ini sudah tercatat secara resmi di Bursa Efek Indonesia. Anda bisa melakukan pengecekan melalui website resmi dari perusahaan sekuritas yang ada di kota Anda.

  1. Bersih dari Catatan Buruk

Selain itu, Anda juga harus menelusuri rekam jejak dari perusahaan sekuritas melalui media. Cara paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasukkan kata kunci. Kata kunci yang bisa Anda gunakan adalah kasus sekuritas atau kasus pasar modal.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat catatan dan melihat perusahaan sekuritas mana yang memiliki catatan buruk. Dengan begitu, maka Anda pun bisa menghindari adanya upaya penipuan.

Selain itu, Anda juga bisa mencari dengan menggunakan kata kunci “kasus perusahaan sekuritas yang ingin Anda ketahui rekam jejaknya”.

  1. Besaran Setoran Awal

Anda harus melakukan setoran awal untuk membuka rekening dana nasabah atau yang sering disebut dengan RDN di perusahaan sekuritas. Untuk besaran RDN dari masing-masing perusahaan sekuritas ini berbeda-beda.

Anda bisa menyesuaikan deposito awal dengan mempertimbangkan dana yang akan Anda gunakan sebagai modal awal investasi. Saat ini, besaran setoran awal sangatlah bervariasi, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

  1. Pilih Biaya Transaksi dengan Nominal Kecil

Perlu Anda ketahui, bahwa setiap transaksi saham tentu akan membutuhkan biaya. Setiap transaksi jual beli saham tentu akan ada sejumlah uang yang harus disetorkan kepada perusahaan sekuritasnya. Nilainya pun juga sangat beragam, ada yang 0,15% untuk transaksi pembelian, dan 0,25% persen dari transaksi penjualannya.

Selain itu, Anda juga harus bisa membandingkan perusahaan sekuritas yang ada untuk mendapatkan perusahaan terbaik. Untuk itu, pastikan Anda sudah memilih biaya transaksinya kecil, agar keuntungan yang bisa Anda dapatkan pun semakin maksimal.

Inilah beberapa tips memilih perusahaan sekuritas yang bisa Anda coba untuk mendapatkan perusahaan sekuritas terbaik di pasar modal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *