Impor Arab Saudi

Kenapa Jasa Impor Arab Saudi Harus Punya NIB?

Sebagai penyedia jasa pengiriman barang Impor Arab Saudi, tentunya ada beberapa dokumen dan legalitas impor yang wajib dimiliki. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses impor dan mencegah barang disita selama transit. NIB Impor merupakan salah satu dokumen terpenting yang harus dimiliki oleh layanan impor.

Penjelasan Tentang NIB

NIB (Nomor Induk Berusaha) adalah informasi yang digunakan sebagai identitas pengusaha dan izin untuk dapat melakukan kegiatan operasional. Masa berlaku NIB adalah selama perusahaan masih beroperasi. Kebijakan yang mengatur NIB tersebut tertuang dalam Perpres nomor 91 tahun 2017 dan berlaku sejak Mei 2018. Jika perusahaan pengimpor tidak memiliki NIB, API atau Angka Pengenal Impor perusahaan berisiko dibekukan.

Alasan NIB Penting Bagi Penyedia Jasa Impor

NIB ini sangat penting dimiliki oleh perusahaan atau penyedia jasa impor, karena NIB ini juga berlaku sebagai tanda pendaftaran usaha, API (Angka Pengenal Import), dan akses kepabeanan saat melakukan ekspor-impor. API merupakan identitas yang harus dimiliki oleh setiap importir dan dibutuhkan dalam proses impor di seluruh Indonesia.

API sendiri memiliki 2 jenis, yaitu API-General yang digunakan untuk pengiriman barang secara umum dan komersial. Dengan API-U ini Anda dapat mengirim barang di lebih dari satu grup dengan menggunakan kode HS. Sedangkan produsen API yang digunakan membutuhkan pengiriman barang pribadi atau internal di perusahaan.

Sehingga bagi pemilik jasa Impor Arab Saudi, data NIB ini tidak boleh dilewatkan sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2018 Pasal 25 ayat 1 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Individual Submission (OSS). pelaku usaha untuk mendapatkan izin komersial dan/atau izin usaha.

Manfaat NIB Untuk Jasa Impor

Impor Arab Saudi

Ada beberapa manfaat yang akan Anda rasakan jika memiliki NIB, antara lain:

– Importir tidak perlu lagi melalui proses perolehan API dan NIK pada saat melakukan kegiatan ekspor dan impor.

– Dengan NIB Anda pasti bisa mendapatkan beberapa dokumen penting seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Surat Izin Usaha (SIUP), Izin Lokasi, API (Nomor Induk Impor) dan NIK (Nomor Induk Kepabeanan)

– Keuntungan lain dari memiliki NIB adalah tidak ada tanggal kadaluarsa dibandingkan dengan NIK dan API.

Proses NIB bisa memakan waktu lama hingga mencapai 5 bulan atau lebih. Karena harus melalui beberapa proses pengolahan data melalui Kementerian Hukum dan HAM terlebih dahulu. Untuk itu, pastikan Anda mempersiapkan data-data yang diperlukan dengan benar agar tidak semakin mempersulit proses pengelolaan NIB.

Diatas adalah pemahaman lengkap tentang NIB dan juga cara menanganinya. Sebagai penyedia jasa Impor Arab Saudi, penanganan NIB merupakan suatu keharusan agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Dan bagi pelanggan yang ingin mengimpor melalui perusahaan jasa impor, penting untuk mengecek apakah perusahaan tersebut sudah memiliki NIB atau belum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *