Doa Agar Dagangan Laris yang Mujarab dan Tidak Merugi

Dagangan Sepi Terus? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Mata pencaharian yang sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah berdagang. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya :

“Hendaklah kamu berdagang, karena di dalamnya terdapat 90% pintu rejeki.”(H.R. Imam Ahmad)

Selain itu, ada juga hadist dari Mu’az bin Jabal, Rasulullah SAW bersabda :

“Sesungguhnya sebaik-baik usaha adalah usaha perdagangan.”(H.R. Baihaqi)

Rasulullah SAW menganjurkan agar umat muslim berdagang dengan cara yang jujur. Pedagang juga harus membuat pembeli merasa puas, sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut :

“Berdagang lah kalian dengan jujur dan amanah, niscaya orang-orang yang jujur dan orang-orang yang mati syahid akan bersama dengan nabi.”(H.R.Al-Hakim dan Tirmidzi)

Agar dagangan bisa lancar dan berkah, maka pedagang dianjurkan untuk untuk berdoa. Dikutip dari merdeka.com, berikut ada beberapa doa agar dagangan laris yang perlu diamalkan oleh pedagang muslim.

  • Doa Agar Dagangan Laris dalam Islam

Ketika menjalankan usaha dagang, sebagai seorang muslim hendaknya bersikap jujur dan menghindari riba. Riba adalah suatu tindakan pengambilan nilai tambah yang memberatkan dalam sebuah akad perekonomian, seperti jual beli maupun utang piutang. Karenanya agar dagang bisa lancar dan terhindar dari kerugian, maka bacalah doa berikut ini :

“Allahumma innii as aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi’an thayyiban min ghairi ta’bin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka ‘alaa kulli syaiin qadiir”

Artinya :

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar melimpahkan rezeki kepadaku berupa rezeki yang halal, luas, dan tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan, dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.”

  • Doa Agar Dagang Tidak Merugi

“Asa rabbuna ayyubdilana khoiram minha inna Illa rabbina raghibun”

Artinya :

“Mudah-mudahan Tuhan kami memberikan ganti kepada kami dengan yang lebih baik dari pada itu, sesungguhnya kami mengharapkan ampunan dari Tuhan kami.”

  • Doa Agar Dagangan Laris dan Berkah

“Ya hayyu ya qoyyum bi rahmatika astaghiits, wa ash-lihlii sya’nii kullahu wa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin abadan”

Artinya :

“Wahai Rabb Yang Maha Hidup, wahai Rabb Yang Berdiri Sendiri tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku dan jangan diserahkan kepadaku sekalipun sekejap mata tanpa mendapat pertolongan dari-Mu selamanya.”

  • Doa Agar Dagangan Laris Tidak Sepi Pembeli

“Allahumma faarijal hammi wa kaasyifal ghammi mujiba da’watal mudhtariina rahmaanad dun-yaa wal aakhirati wa rahiimahumaa irhamnii rahmatan tughniinii bihaa ‘an rahmati man siwaak”

Artinya :

“Ya Allah zat Yang Maha menghilangkan kesedihan, yang menggembirakan segala duka cita dan yang mengabulkan segala permohonan, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang baik di dunia maupun di akhirat, curahkan rahmat-Mu kepada kami, yaitu rahmat yang menjadikan kami tidak membutuhkan pertolongan selain kepada-Mu.”

  • Doa Agar Dagangan Laris yang Mujarab

“Allahumma rahmataka arjuu fa laa takilnii ilaa nafsii thorfata ‘ainin wa ash-lihlii sya’nii kullahu laa ilaha illa anta”

Artinya:

“Ya Allah dengan rahmat-Mu, aku berharap janganlah Engkau sadarkan urusanku pada diriku walau sekejap mata, perbaikilah segala urusanku seluruhnya, tidak ada ilah yang wajib disembah selain Engkau.”

Itulah beberapa doa yang bisa kita amalkan agar dagangan kita laris, tidak sepi pembeli dan tidak mengalami kerugian serta doa yang mujarab dan berkah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *