Cara Menemukan & Install Driver Yg Cocok Di Windows 10

Agar PC atau laptop kita berjalan menggunakan sempurna maka semua driver wajibterinstall dengan benar. Pada proses instalasi, Windows 10 akan berusaha buat mendeteksi semua perangkat keras yang ada di komputer kita kemudian mencoba menginstall driver yg sesuai. Biasanya sehabis melakukan update buat pertama kali semua driver akan terinstall menggunakan baik dan personal komputersudah siap dipakai, inilah salahsatu kelebihan Windows 10 yang gw suka .

Tetapi skenario seperti itu tidak selamanya berjalan dengan mulus, kadang ada satu atau 2 perangkat misalnya VGA, Sensor biometrik, Ethernet, atau WiFi yang masih belum terinstall drivernya. Hal ini bisa disebabkan lantaran Windows 10 tidak mengenali perangkat tersebut atau karena nir memiliki driver yg pas pada database mereka. Hasilnya merupakan perangkat tadi tidak mampu berjalan dan kita tidak mampu menggunakannya sebelum menginstall driver yg sempurna.

apabila perkara yg terjadi seperti itu, maka kita wajibmencari dan menginstall sendiri driver yang cocok secara online. Bagaimana caranya? Nah pada kesempatan kali ini teknosentrik akan berikan tutorialnya.Cara menemukan driver yg cocok pada Windows 10

Langkah pertama dalah buka acara Device Manager di personal komputeryang Anda gunakan, acara ini adalah indera yg berfungsi buat mengelola seluruh driver yg terdapat di Windows 10. Caranya sanggup dengan klik pada tombol Start > ketik Device Manager > pilih aplikasi Device Manager.

dua. Temukan driver yang belum diinstall

Setelah pelaksanaan Device Manager terbuka, Anda akan melihat daftar devices yg ada dalam komputer. Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan perangkat yg belum terinstall atau bermasalah drivernya. Device yg drivernya belum terinstall umumnya bernama Unknown device, sedangkan driver yg bermasalah akan mempunyai pertanda seru berwarna kuning.

Selanjutnya klik kanan pada device tersebut.

Selanjutnya pilih menu Properties.

lima. Copy hardware id dari perangkat

Pada jendela Properties, klik dalam tab Details. Setelah itu lihat dalam bagian Property, pilih dalam Hardware Ids kemudian klik kanan pada baris kode yg pertama dan pilih Copy.

Paste kode tersebut pada notepad, kemudian hapus karakter &SUBSYS_ dan seterusnya. Cohtoh dalam gambar pada atas kodenya merupakan PCI\VEN_1022&DEV_1456&SUBSYS_14561022danamp;REV_00 maka yang diambil hanya PCI\VEN_1022danamp;DEV_1456.

6. Temukan driver yg cocok secara online

Setelah menerima hardware id menurut perangkat yg ingin dipasang drivernya maka langkah selanjutnya adalah mencari driver yang cocok secara online. Anda bisa download menurut salahsatu situs berikut ini:http://driverpacks.net/https://driverscollection.com/http://deviceinbox.com/

Saya contohkan contohnya menggunakan situs driverpacks.net, maka langkah pertama adalah buka dulu situs tersebut menggunakan memakai browser. Pada kolom pencarian paste kode hardware id kemudian klik tombol Find.

Setelah itu driver yang sinkron menggunakan hardware id akan ada, selanjutnya Anda sanggup download driver tadi.

Cara download driver yang cocok ini jua sama bila memakai situs-situs lainnya, yang Anda perlu lakukan adalah paste kode hardware id ke kolom pencarian lalu klik Find/Search. Hasilnya mungkin akan muncul lebih menurut satu, Anda bisa memilih yg sinkron dengan versi Windows yang dipakai.

Setelah menemukan driver yang pas, selanjutnya Anda sanggup install driver tersebut ke personal komputermisalnya biasa.

Langkah terakhir adalah restart personal komputeragar driver yang telah diinstall sanggup berjalan menggunakan paripurna. Setelah berhasil diinstall, selanjutnya Anda tinggal melakukan update driver setiap kali terdapat rilis pembaruan agar driver tetap kompatibel & nir ada bug.

Sebagai keterangan tambahan, berikut ini merupakan daftar driver yg ada pada Windows 10:Audio inputs and outputsBiometric devicesBluetoothHard drive / Hard diskDisplay Adapters (VGA)FirmwareHuman Interface DeviceIDE ATA/ATAPI controllersKeyboardMice and other pointing devicesMonitorsNetwork adapter (WiFi, Ethernet, LAN, WAN)Other devicesPortable DevicesPorts (COM & LPT)PrinterProcessorsSecurity devicesSound, video and game controllersStorage controllersSystem devicesUniversal Serial Bus controllers

Bagaimana jika driver tetap nir ditemukan? Jika kasusnya misalnya ini maka Anda perlu mengecek lagi apakah dalam waktu pembelian perangkat / device yg dimaksud ada disertakan drivernya? umumnya dalam media penyimpanan CD. Anda pula mampu mengecek ke situs resmi berdasarkan perangkat yg Anda beli tersebut, misalnya Acer, Asus, Lenovo, HP, Dell, MSI, Samsung, Toshiba, Microsoft, dan Apple. Biasanya di sana ada page khusus untuk download driver.

Itulah cara untuk menemukan dan menginstall driver yang cocok dengan perangkat pada Windows 10. Selamat mencoba & semoga membantu. Kalau terdapat kesulitan jangan sungkan-sungkan buat komentar pada bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *