Panduan Setting Obs Buat Jadi Live Streamer Game

Menjadi seseorang live streamer ketika ini adalah dambaan seluruh orang. Tetapi tak sedikit jua yang justru gagal menjadi seseorang live streamer lantaran keterbatasan indera-alat yang mereka butuhkan. Di samping itu, bagi pengguna PC, diperlukan juga spesifikasi PC yang mumpuni supaya sanggup memainkan game sembari live streaming dengan lancar.

Bicara mengenai live streaming, salahsatu pelaksanaan yg saat ini wajibdimiliki merupakan OBS atau mampu disingkat Open Broadcast Software. Bagi para pemula, menggunakan OBS menjadi langkah yang relatif bijak mengingat pelaksanaan ini cukup ringan namun efektif buat melakukan live streaming.

BACA JUGA: 5 Hal yang Bikin PlayStation 4 Mendominasi Persaingan Console Generasi Saat ini

Tetapi sebelum melakukan live stream, OBS wajibdisetel terlebih dahulu. Gimbot bakal menaruh panduan untuk menyetel OBS supaya mampu dipakai live streaming.

*setting yg kami berikan hanya sebatas basic. Jika ingin yg lebihbaik, kalian sanggup mempelajarinya menurut berbagai sumber yg adaMengunduh OBS

Panduan pertama yang dilakukanadalah kalian harus mengunduh OBS terlebih dahulu. Untuk mengunduh OBS, kalian hanyadatang ke situs resminya saja. Nanti setelah ke situs resminya, kalian tinggalpilih ingin mengunduh buat OS apa.

apabila memakai Windows, kalianhanya tinggal mengkliknya dan otomatis OBS akan terunduh ke PC kalian. Langkahpertama ini merupakan langkah yang paling mudah tentunya.

Download OBS di SiniMulai Melakukan Setting OBS

Setelah terunduh ke PC, kalian tinggal menginstalnya misalnya sebuah acara biasa. Setelah selesai, kalian hanya perlu membukanya & OBS mempunyai tampilan yg relatif praktis tetapi pada satu sisi juga relatif rumit. Dibutuhkan kesabaran buat mampu menyetel OBS menggunakan sahih.

BACA JUGA:5 Musuh Ikonik pada Video Game yg Tak Mengucapkan Sepatah Katapun!

Untuk menyetel OBS, langkahpertama adalah menciptakan Scene terlebih dahulu. Bisa lihat gambar pada bawah inicara buat membuat scene. Setelah itu tinggal beri nama scene yang kalianinginkan.

Bagi yg ingin melakukan live stream, kondisi yang kalian punya tentunya cukup gampang dan tidak perlu mahal. Berikut adalah barang-barang yg kalian perlukan buat bisa live streaming melalui OBS!Mic CondenserPC yang relatif mumpuniHeadset atau speakerWebcam, kamera, atau sejenisnya (bagi yang ingin memunculkan wajah saat live streaming)Jaringan internet yg indah & stabilMenyetel Game Capture

Langkah pertama yang kalian lakukan merupakan menggunakan menyetel Game Capture. Ini merupakan langkah wajiblantaran kalian merupakan seorang live streamer game sebagai akibatnya mengambil setiap momen gameplay merupakan kewajiban. Untuk menyetel atau menampilkan Game Capture, kalian cukup ikuti langkah berikut ini.

Di kolom Source, kalian tinggalklik tanda + & kemudian pilih Game Capture dan rename sinkron dengan yang kalian inginkan.

Dengan mengikuti langkah ini,kalian sudah mampu mengambil gameplayketika kalian menjalankan game-nya.Untuk sanggup menampilkan game yangkalian inginkan pada OBS, pertama kalian harus menjalankan game terlebih dulu lalu ikuti langkah pada bawah ini.

Setelah menciptakan Source GameCapture, kalian klik & pilih Capture Specific Windows pada bagian Mode. Nantidi bagian Window, timbul banyak acara dan tinggal pilih nama game yang sedangkalian mainkan. Setelah itu Game Capture secara otomatis bakal menangkap layar gameplay game yg kalian mainkanMenyetel Audio Input Capture

Untuk menggunakan Audio Input Capture, kalian membutuhkan sebuah Mic Condenser. Ini merupakan Mic khusus yg dipakai para live streamer buat mengeluarkan bunyi yang ada pada dalam game. Untuk melakukan langkah ini, pada bagian source, kalian tinggal pilih Audio Input Capture.

Setelah itu akan ada pilihan device. Di sini kalian tinggal pilih saja merk atau tipe Mic Condenser yg kalian gunakan. apabila Mic Condenser sudah tercolok ke PC, nanti otomatis akan ada pada bagian device.Menyetel Audio Output Capture

Kebalikan berdasarkan Audio InputCapture, Audio Output Capture merupakan pengaturan untuk menampilkan suara yang keluardi OBS. Biasanya Audio Output akan berisi tentang bunyi game yang kalian mainkan. Lantaran jika hanya mengandalkan GameCapture, yg tertangkap hanya gambar saja sedangkan audionya nir. Untukmenampilkan audio dibutuhkan pengaturan Audio Output Capture.

Setelah itu pada bagian device, pilihan akan ada. Kalian tinggal pilih output audio ingin ditampilkan lewat mana. Bagi yang memakai speaker, pada situ akan timbul pilihan speaker. Sedangkan buat headset, akan tertulis brand atau tipe headset kalian atau sumber audio headset kalian.

Kasus Gimbot pada sini, Gimbot memiliki 2 buat output yang satu menurut speaker & yang satu berdasarkan headset yang dicolokan ke monitor. Tinggal kalian ingin yang mana, pilihan sinkron dengan kenikmatan kalian sendiri.Menyetel Video Capture Device

Ini adalah fase selanjutnya setelan OBS kalian di mana ini adalah setelan buat menampilkan paras kalian melalui webcam, kamera, atau sejenisnya. Kalian ikuti langkah sebelumnya pada mana pada kolom Source tinggal pilih pilihan Video Capture Device.

Nanti selesainya itu akan ada device yg kalian pakai berupa jenis kamera atau webcam yg kalian hubungkan ke PC. Setelah itu tinggal melakukan setelan buat mengecilkan berukuran layarnya pada layar primer OBS.Setelan Kualitas Streaming & Bitrate

Untuk fase terakhir, yg kalianharus lakukan merupakan menyetel kualitas streaming dan juga Bitrate supaya videoyang ditampilkan sanggup lancar & relatif lezatbuat dipandang para penikmatstreaming kalian. Untuk melakukannya, kalian pilih setting lalu klik bagian Video.

Di bagian Base Canvas Resolution, kalian pilih sinkron dengan resolusi monitor kalian. Base resolution merupakan resolusi yang akan kalian rasakan sendiri saat melakukan live streaming.

Kemudian pada bagian Output Scaled Resolution, itu merupakan bagian pada mana yg akan menikmati adalah orang yg menonton live stream kalian. Semakin tinggal Output Scaled Resolution, semakin tinggi juga internet yg kalian butuhkan kecepatannya.

Untuk bagian Downscale Filter, bisa pilih setting Lanczos dan di Common FPS Values, kalian bisa sehabis 60FPS atau 30FPS tergantung internet yang kalian miliki kecepatannya.

apabila telah terselesaikan, kalian pilihbagian Output buat melakukan setelan bitrate kalian. Mungkin mampu dilihat digambar berikut ini.

Untuk Bitrate, ada beberapa rumus khusus yg bisa kalian ikuti. Berikut adalah rumus Bitrate supaya gambar yang ditampilkan lancar & sinkron menggunakan hasrat kalian. Gimbot mengambil rumus Bitrate buat live stream pada Youtube.

Rumus Bitrate buat live stream di Youtube

Bisa klik link tersebut lantaran apabila pada screenshot, akan cukup memakan waktu. Di situ dijelaskan menggunakan jelas setelan Bitrate sampai Encoder yg mesti kalian pakai. Apa itu Encoder? Penjelasannya sanggup pribadi kalian temukan pada Google ya!Ready to Rock and Stream!!!

apabila seluruh setelan sudahdilakukan, kalian langsung ke bagian Stream buat memilih service atau platformdi mana kalian ingin melakukan Streaming. Di situ ada aneka macam jenis platformseperti Mixer, Twitch, Youtube, dan yang lainnya.

Untuk bagian server, ikuti sajasesuai dengan yang ada di situ atau ikuti defaultnya saja yakni Server Primary.Kemudian langkah terakhir adalah melakukan copypaste Stream Key di platform masing-masing.

Gimbot memberikan contoh buat menerima Stream Key pada Youtube adalah misalnya ini. Pertama, masuk ke page Channel kalian kemudian pilih buat melakukan live stream. Setelah itu akan muncul beberapa pengaturan streaming & pilih Stream Key untuk ditempelkan ke OBS. Copy kode itu.

Copy Stream key yang terdapat pada Youtube ke bagian Stream Key yang terdapat pada OBS. INGAT INGAT INGAT! Tidak boleh ada orang yg tahu Stream Key kalian lantaran apabila ini terjadi, masalahnya akan fatal lantaran orang pada akhirnya bisa melakukan Streaming menggunakan akun Youtube atau akun live stream kalian!!!

apabila semua telah ready, kaliantinggal klik Start Streaming di OBS dan pula pada platform yang kalian inginkan.Selamat mencoba! Bagi yg ingin memiliki setelan streaming yg lebih professional, kalian bisa mencobanya menyetelsendiri atau belajar berdasarkan internet buat menghiasi OBS kalian dengan hal-halkeren lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *