Memperbaiki Webcam Yg Tidak Bekerja Atau Berfungsi Pada Windows

Webcam atau Web Camera merupakan kamera digital berukuran miniyang terkoneksi ke komputer, baik eksklusif maupun tidak langsung. Umumnya, laptop dan beberapa layar komputer personal (PC) memiliki built-in webcam. Untuk komputer yang tidak mempunyai built-in webcam masih bisa menggunakan webcam ekstenal yg dikoneksikan ke komputer melalui port USB atau secara wireless.

Webcam banyak dipakai buat broadcast video pada web, sesi dialog video dengan orang lain dan lain sebagainya. Bila Anda senang merekam layar personal komputersaat bermain game, Anda pula dapat menambahkan paras Anda muncul di galat satu sudut layar yg diinginkan (facecam recorder) melalui webcam. Saat ini, webcam telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari penggunaan sehari-hari perangkat personal komputer .

Baca artikel 7 Aplikasi Kamera Terbaik Untuk Android

Sebagimana perangkat dalam biasanya, webcam pula sanggup mengalami perkara. Webcam sanggup tidak bekerja atau berfungsi sebagaimana mestinya saat digunakan. Ada beberapa kemungkinan penyebab webcam nir mampu dipakai misalnya konfigurasi pada Windows, driver, koneksi ke personal komputeratau lantaran sebab lainnya. Masalah yg terjadi dalam webcam perlu tindakan Anda buat segera memperbaikinya.

Jika Anda mendapati kasus pada webcam, artikel ini akan membantu Anda mencoba buat memperbaiki perkara tadi. Anda dapat mengikuti langkah yg dijelaskan buat menelusuri kemungkinan satu atau lebih penyebabnya. Langkah pemugaran ini tepatnya buat webcam yang bermasalah pada komputer Windows.

1.Pastikan webcam tidak dinonaktifkan.

Salah satu penyebab webcam bermasalah, tidak bekerja atau berfungsi adalah karena nonaktif. Mungkin, seseorang yang telah menggunakan komputer atau laptop Anda sebelumnya telah menonaktifkan webcam tersebut atau memang webcam sudah usang pada keadaan nonaktif tanpa Anda sadari. Jika demikian, Anda perlu mengaktifkan balikwebcam tadi supaya bisa dipakai.

Untuk mengaktifkan pulang webcam pada komputer Windows nir sulit. Anda perlu membuka Device Manager terlebih dahulu. Di jendela Device Manager yang timbul, klik anak panah dalam Cameras atau Imaging Devices (1), lalu klik kanan mouse tepat di Webcam (2) untuk menampilkan hidangan pintas & selanjutnya pilih Enable device (3).

dua.Install, roll back atau update driver.

Microsoft Windows 10 mempunyai poly fitur yang sebagian bekerja dibalik layar. Salah satu fitur tersembunyi adalah layanan khusus yang memantau kerja pelaksanaan dan perangkat. Windows secara otomatis akan menginstal driver bila ada perangkat yg terkoneksi buat memastikan perangkat dapat bekerja atau berfungsi dengan baik.

Tetapi terkadang, instalasi driver mampu saja gagal sehingga perangkat nir dapat bekerja atau berfungsi sebagaimana mestinya. Jika perangkat ini merupakan webcam eksternal, Anda perlu mengunduh driver versi terkini menurut pabrikan webcam tadi & menginstalnya secara manual ke komputer Anda.

Bila webcam bermasalah sehabis menginstal aplikasi atau memperbarui (update) Microsoft Windows, bisa saja driver sebagai nir kompatibel lagi atau corrupt. Bila demikian, Anda bisa mencoba buat mengembalikan (roll back) driver ke versi sebelumnya atau bisa mencoba melakukan update driver.

Untuk melakukan update driver webcam, buka Device Manager terlebih dahulu, pada ventilasi Device Manager yg timbul, klik anak panah pada Cameras atau Imaging Devices (1), kemudian klik kanan mouse tepat di Webcam (2) buat menampilkan sajian pintas & selanjutnya pilih Update device (tiga).

3.Periksa konfigurasi webcam.

Anda perlu menilik konfigurasi pengaturan kamera atau webcam di Microsoft Windows. Di Windows 10, konfigurasi pengaturan camera atau webcam masih ada di Windows Settings dalam kelompok Privacy. Konfigurasi pengaturan ini meliputi izin akses ke kamera pada perangkat personal komputerdan anugerah izin akses kamera buat aplikasi yg ingin menggunakannya.

Untuk memastikan bahwa pengaturan akses ke kamera pada perangkat personal komputersudah benar, klik tombol Start Windows, pilih Settings (berupa ikon gear), di ventilasi Windows Settings yg terbuka, pilih Privacy (Location, camera, microphone). Di ventilasi Settings – Privacy yg terbuka, klik tab Camera (1), di area sebelah kanan, klik tombol Change (2) dan pastikan nilai buat Camera access for this device adalah On (tiga).

Untuk memastikan bahwa pengaturan biarakses ke kamera buat aplikasi sudah diberikan, masih di tab Camera (1), pastikan nilai buat Allow apps to access your camera merupakan On (2).

Selanjutnya, masih di tab Camera (1), di daftar aplikasi pada bagian bawah, rubah nilai toggle button ke On untuk pelaksanaan yang diperbolehkan mengakses kamera atau webcam (2).

4.Periksa kembali koneksi antara webcam & personal komputer .

Jika Anda konfiden bahwa masalah bukan dalam aplikasi atau driver & webcam Anda merupakan eksternal yg terkoneksi ke personal komputermemakai kabel USB, Anda perlu memeriksa balikbahwa kabel USB webcam telah cocok atau sinkron menggunakan port USB di komputer Anda. Jika perlu, cabut kabel USB & kemudian colokkan kembali ke port USB secara benar.

lima.Periksa pengaturan webcam di aplikasi yg menggunakan.

Webcam nir bekerja atau berfungsi mampu disebabkan oleh pengaturan yg galat di aplikasi yang menggunakan webcam tersebut. Umumnya, pelaksanaan pengguna webcam akan mendeteksi otomatis perangkat webcam. Jika laptop Anda pula terkoneksi ke webcam eksternal lantaran built-in webcam bermasalah, sanggup saja aplikasi tersebut mendeteksi & menggunakan built-in webcam yang bermasalah tersebut. Anda perlu membarui agar pelaksanaan memakai webcam eksternal.

Sebagai model, pada artikel ini memakai pelaksanaan Skype dimana Anda dapat memilih atau menentukan webcam yang ingin dipakai apabila terdapat lebih menurut satu webcam. Buka atau jalankan pelaksanaan Skype, klik tombol More (1) & kemudian pilih Settings (dua).

Di jendela Settings yg ada, klik tab Audio & Video (1) dan bagian sebelah kanan, tentukan webcam (dua) yg dipakai oleh pelaksanaan Skype.

6.Bawa ke service center.

Jika webcam merupakan eksternal, Anda bisa memastikan terlebih dahulu bahwa webcam eksterna tadi tidak bermasalah. Caranya, Anda bisa mencoba buat memasang webcam eksternal tadi ke komputer lain. Bila webcam merupakan built-in atau bawaan laptop atau PC dan cara-cara pada atas tidak menuntaskan, bawa saja ke service center buat diperbaiki. Bila garansi masih berlaku, Anda bisa menerima perbaikan secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *