Cara Menggunakan Rufus Windows 10, Hanya Bermodalkan Flashdisk

Ilustrasi menggunakan Rufus buat bootable flashdisk. Foto: Getty Images

Cara memakai Rufus Windows 10 dapat membarui USB flash drive atau flashdisk sebagai bootable. Setelah USB kamu sebagai bootable, maka selanjutnya sanggup dipakai buat instal ulang Windows 10 lewat flashdisk.

Rufus adalah aplikasi yang banyak dipakai orang buat mengubah flashdisk mereka sebagai bootable. Aplikasi ini sanggup diunduh pada website resmi mereka.

Banyak pengguna Rufus yang menjelaskan jika aplikasi ini gampang digunakan karena tampilan antarmukanya yang sederhana. Bahkan, engkausebagai orang yg umummampu dengan gampang menjalankan pelaksanaan Rufus pada Windows 10.

Jika kamu ingin menciptakan flashdisk menjadi bootable lewat Rufus, maka sanggup membaca petunjuk cara menggunakan Rufus buat Windows 10 pada bawah ini.Cara Menggunakan Rufus Windows 10

Berikut ini adalah tutorial cara memakai Rufus buat instal Windows 10 agar flashdisk kamu sebagai bootable, dikutip berdasarkan halaman Software Keep:1. Lihat Mode BIOS Perangkat

Sebelum mulai menggunakan Rufus, kamu sanggup melihat mode BIOS perangkat yang akan kamu instal ulang. Hal ini bertujuan buat mengetahui settingan flashdisk yang akan dilakukan lewat Rufus.

Tekan ‘Windows + R’ di keyboard & akan terbuka jendela Run. Kemudian, masukkan msinfo32 & tekan tombol ‘OK’. Cara melihat mode BIOS perangkat Windows 10. Foto: Nada Shofura/kumparan

Setelah timbul ventilasi System Information, cari BIOS Mode & lihat mode BIOS apa yang berjalan pada personal komputeratau laptopmu. Seperti contoh dalam gambar di bawah, Mode Bios perangkat merupakan UEFI. Cara melihat mode BIOS perangkat Windows 10. Foto: Nada Shofura/kumparan

Setelah mengetahui mode BIOS perangkatmu, engkaumampu eksklusif memakai Rufus buat membarui flashdisk menjadi bootable. Ikuti langkah-langkahnya pada bawah ini:

Siapkan flashdisk yang akan engkauubah sebagai bootable. Pastikan flashdisk kamu sudah kosong. apabila belum, engkausanggup melakukan format flashdisk terlebih dahulu.

Kemudian, unduh pelaksanaan Rufus bagi yg belum memilikinya. Aplikasi sanggup diunduh pada website resmi Rufus dan pilih versi terbarunya.

Buka aplikasi Rufus yg ada pada laptop atau komputermu & masukan flashdisk yg telah disiapkan sebelumnya. Secara otomatis Rufus akan mendeteksi flashdsik tersebut. Tetapi, apabila nir terdeteksi, engkausanggup memilih secara manual pada bagian ‘Device’.

Pilih opsi ‘Boot Selection’, pastikan pilihanmu diatur ke ‘Disk’ atau ‘ISO image’ lalu klik ‘Select’. Cara memakai Rufus Windows 10. Foto: Software Keep

Nantinya, akan ada jendela Windows Image, maka sanggup pilih ‘Windows 10’ di bagian ‘Version’. Lalu, klik ‘Continue’. Cara menggunakan Rufus Windows 10. Foto: Software Keep

Selanjutnya, pilih ‘Standart Windows instalation’ pada bagian ‘Image Option’. Rufus akan mendeteksi ‘Partition Scheme’ dan bagian lainnya secara otomatis. Kamu sanggup memakai pengaturan default tersebut atau membarui sinkron keinginan apabila dirasa belum sesuai menggunakan perangkatmu.

Dikutip dari buku Tutorial Penginstalan Windows 10 & Office 365 karya Onki Alexander dan Ahmad Syafei, berikut adalah pengaturan-pengaturan pada Rufus sinkron mode BIOS perangkat:

a. UEFI & Legacy Secara Bersamaan

– Target system: BIOS atau UEFI

– File system: FAT32, tetapi bila ISO lebih dari 4GB, pilih NTFS

– Target system: UEFI (Non CSM)

– Target system: BIOS (or UEFI-CSM)

– File system: NTFS

Beri nama pada ‘Volume Label’ sesuai asa atau abaikan saja apa adanya. Kemudian, klik ‘Start’. Cara memakai Rufus Windows 10. Foto: Software Keep

Itulah tutorial cara memakai Rufus Windows 10. Untuk kemudahan waktu instal ulang Windows 10, pastikan pengaturan pada Rufus sesuai menggunakan mode BIOS perangkatmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *