Tips Cara Memilih Usb Flashdisk – Catatan Teknisi

Tips menentukan USB Flashdisk ini sengaja aku tulis buat sekedar berbagi pengalaman pada menentukan USB Flashdisk yang akan kita beli. Maklum saja berdasarkan beberapa pengalaman saya dan beberapa temen pada membeli USB Flashdisk, kadang berakhir dengan cerita jelek, mulai dari kecepatan baca-tulis (copy data) yg lambat sampai menggunakan Flashdisk yang nir terbaca dan flashdisk rusak (meninggal-total) sama sekali.

Beberapa kerusakan Flashdisk misalnya flashdisk yg terbaca 0 byte, flashdisk error & beberapa kerusakan flashdisk lainnya masih sanggup diperbaiki menggunakan memakai perangkat lunak buat memperbaiki flashdisk. Tetapi data yang tersimpan didalamnya kadang nir bisa diselamatkan. Untuk itu pintar-pandailah memilih USB Flashisk sebelum memutuskan buat membelinya.

Berikut ini adalah beberapa saran dalam memilih USB Flashdisk yang akan kita beli:

Menentukan merek flashdisk tujuan utamanya adalah berkaitan menggunakan kualitas, standarisasi produk, dukungan perangkat lunak, garansi & layanan purna jual menurut flashdisk tadi. Dipasaran poly sekali merek flashdisk yang tersedia misalnya misalnya : ADATA, KINGSTON,  HP, TRANSCEND, NEXUS, SANDISK,  PENDRIVE & masih banyak lagi.

Untuk mencari merek yang memiliki reputasi “baik” dalam hal kualitas & layanan, kita mampu mencari tau di internet misalnya lewat forum, blog dan situs jual beli online, disini kita pilih yg most selling atau banyak direview dan direkomendasikan orang lain. Kemudian kita cari website resminya untuk melihat-lihat fitur dan layanan yang tersedia.

2. Kapasitas Penyimpanan

Mengenai kapasitas peyimpanan Flashdisk ini gw mempunyai cerita menurut pengalaman seorang teman. Waktu itu beliau membeli sebuah flashdisk secara online dengan kapasitas flashdisk sebesar 250GB menggunakan harga Rp 150.000,- Harga yang berdasarkan gw sangat murah buat kapasitas sebanyak itu, sayapun pada hati cuma mampu menyampaikan “Flashdisk ini sepertinya palsu dan tidak akan bertahan usang”. Benar saja hanya pada hitungan minggu, flashdisk tadi telah mampir ditempat sampah.

Dari cerita diatas, gw hanya ingin berkata bahwa kita harus bijak dalam memilih kapasitas flashdisk yg hendak kita beli. Dilihat dari kegunaannya sebagai media pertukaran data, maka kapasitas flashdisk tentunya nir perlu terlalu besardan pada kenyataannya kapasitas flashdisk pun mampu saja “menipu”. Flashdisk berukuran 2GB – 4GB menurut aku telah cukup buat menyimpan file-file ad interim.

3. Kecepatan Transfer data.

Kecepatan transfer data merupakan kecepatan yang dimiliki Flashdisk buat membaca data & menyimpan data. Kecepatan membaca data umumnya lebih tinggi daripada kecepatan menyimpan.

Kecepatan transfer data ini nantinya nantinya akan menurun jika memakai kabel USB atau USB hub. Untuk mengecek kecepatan transfer data menurut USB Flashdisk, kita bisa menggunakan pelaksanaan USB Flash Benchmark dari usbflashspeed.com.

4. Bahan & Bentuk Casing Flashdisk

Selain faktor seni hal yg penting dari saya berdasarkan bahan & bentuk casing ini adalah desainnya wajibkokoh dan bisa melindungi flashdisk menurut benturan bila terjatuh misalnya. Saya sendiri lebih menyukai casing flashdisk yang terbuat menurut bahan karet.

Bagi Anda yg ingin menyimpan data-data penting pada flashdisk,  terdapat baiknya buat menentukan Flash Disk yg mempunyai fitur security hardware encryption seperti pada USB Security Flash Disk NETAC dan IronKey. Tetapi harga flash disk jenis ini tidak mengecewakan mahal. Untuk menambahkan fitur enkripsi pada flash disk temen-temen sanggup memakai perangkat lunak perlindungan data  dalam flash disk, memakai enkripsi arsip atau memakai pelaksanaan TrueCrypt.

6. Perhatikan Faktor Keaslian Flash Disk

Hal yg wajibkita perhatikan dalam memilih Flashdisk selanjutnya adalah faktor keaslian (original) berdasarkan flash disk itu sendiri. Agar flash disk yang kita beli adalah flashdisk original, ada baiknya kita membeli flash disk berdasarkan toko terpercaya dan jangan gampang terpesona dengan harga murah yg ditawarkan. Selengkapnya tips buat memilih flashdisk falsu dan original mampu dilihat disini.

Demikianlah beberapa tips sederhana cara menentukan flash disk. Mudah-mudahan terdapat keuntungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *