Pedoman Wisata Kawah Ijen Banyuwangi

Wisata Kawah Ijen sebagai destinasi virtual banyak orang, terlebih bagi yang getol mendaki gunung serta fotografi. Sebab, kamu sanggup menerima pengalaman mendaki yg memuaskan dan mengambil foto yang luar biasa indahnya. Hal ini tak terlepas berdasarkan estetika mitra ijen, danau kaldera yang bersifat asam yang berada di zenit Gunung Ijen dengan kedalaman danau 200 meter & luas kawah mencapai 5.466 hektare.

Kawah Ijen yg terletak di gunung berapi Ijen, yakni pada perbatasan Kabupaten Banyuwangi & Kabupaten Bondowoso ini termasuk pada daerah Cagar Alam Taman Wisata Ijen Kabupaten Bondowoso & Kabupaten Banyuwangi. Dari Kawah Ijen pula, engkaudapat bisapemandangan zenit Gunung Marapi, Gunung Raung, Gunung Suket, & Gunung Rante.apabila engkauberencana liburan ke wisata di Jawa Timur ini, berikut pedoman wisata Kawah Ijen yang berhasil Traveloka rangkum.

Ada ragam kegiatan yg bisa kamu lakukan pada danau yang terletak akibat proses letusan Gunung Ijen ini. Berikut daftarnya:

Aktivitas primer yg kerap dilirik para wisatawan adalah fenomena blue fire Ijen. Faktanya, fenomena barah biru ini sangat langka, hanya sanggup ditemukan di Indonesia dan Islandia. Bagi kamu yg belum mengetahui apa itu blue fire. Fenomena ini merupakan reaksi gas yg keluar dari gunung belerang lalu bercampur dengan oksigen, lantas menerangkan bentuk seperti pengecap barah berwarna biru.

Kamu mampu melihat blue fire ketika isu terkini kemarau, yaitu dalam Juli sampai September sehingga barah biru yang ditampilkan lebih kentara dan besar . Saat demam isu kemarau, jalur pendakian pula cenderung berpasir kering sehingga tidak licin. Untuk melihat blue fire, kau disarankan berangkat mendaki pukul 01.00 pagi buat menempuh bepergian kurang lebih dua jam. Ingat ya, blue fire Ijen https://ijencratertour.com mulai mengecil menjelang pukul 05.00.

Selain melihat blue fire, engkaujua mampu menyaksikan momen sunrise pada wisata wKawah Ijen yang sangat indah. Untuk engkauyg ingin melihat sunrise terbaik, datanglah pada bulan Agustus lantaran mentariakan terlihat lebih kentara. Saat mentarimulai menampakkan sinarnya, hamparan awan akan menyambutmu untuk menaruh pengalaman yg magis.

apabila kamu ingin melihat blue fire terlebih dahulu, mulai pendakian pada pukul 01.00. Sementara bila ingin langsung menuju puncaksunrise, mulailah pendakian dalam pukul 02.00. Adapun etimasi sunrise menurut Puncak Kawah Ijen yakni pukul 05:30. Jangan lupa lakukan pemanasan terlebih dahulu & membawa perbekalan yg relatif ya!

Ketika matahari telah menyinari daerah wisata Kawah Ijen, ingat ambil foto yang paling indah. Kawah Ijen menggunakan rona hijau kebiruan atau tosca ini akan tambah anggun waktu berpadu menggunakan pantulan cahaya surya berwarna keemasan. Makin menaggumkan, pemandangan asap belerang yg mengepul akan membuat fotomu makin menarik. Siapkan gaya terbaikmu ya!

Keindahan wisata Kawah Ijen tak hanya sampai pada situ. Selama melewati jalur pendakian, kamu akan disapa dengan pemandangan indahnya bunga edelweis & pohon cemara gunung. Namun ingat ya, kamu tidak boleh sembarang memetik tanamanpada sepanjang jalur pendakian. Ada juga hamparan pohon manisrejo menggunakan daun kemarahan yang mempercantik pemandangan pada sekitar lereng kawah.

Akibat pandemi, Taman Wisata Alam Kawah Ijen memberlakukan beberapa perubahan buat wisatawan. Dibuka kembali pada 7 September 2021, engkausanggup melakukan pendaftaransecara online melalui ijenbluefire.bbksdajatim.org. Hal ini guna memastikan pengunjung wisata Kawah Ijen tidak membludak sehingga terjadi penumpukan wisatawan.

Adapun harga tiket Taman Wisata Alam Kawah Ijen dibanderol seharga Rp5.000 (weekdays) dan Rp7.500 (weekend) buat wisatawan lokal. Sementara harga tiket Suaka Margasatwa Kawah Ijen dihargai Rp20.000 (weekdays) dan Rp30.000 (weekend) buat wisatawan lokal. Untuk kendaraan akan dikenakan porto parkir seharga Rp2.000 buat motor dan Rp10.000 buat kendaraan roda empat juga lebih.

Kamu juga mampu memesan tiket tur Kawah Ijen melalui Traveloka. Penyedia tur telah menyiapkan itinerary buat menjelajahi estetika wisata Kawah Ijen. Jadi engkautidak perlu bingung bagaimana memesan tiket hingga menyusuri bepergian saat tiba di sana.

Rute yang sanggup ditempuh untuk mencapai wisata Kawah Ijen adalah rute melalui Bondowoso yang umumnya ditempuh mulai berdasarkan Kota Surabaya atau Malang. Selain menggunakan tunggangan langsung, kamu sanggup naik angkutan bus buat hingga di Bondowoso kemudian dilanjutkandengan sewa kendaran jeep menuju Pos Paltuding (64 km berdasarkan Bondowoso). Umumnya, harga sewa mobil jeep ke Ijen dibanderool kurang lebih Rp. 500.000 hingga Rp. 700.000 sudah termasuk supir, bensin & parkir. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 jam.

Sesampainya pada Pos Paltuding, engkausanggup menempuh pendakian menggunakan jeda tiga km menuju tepi kaldera kaldera Ijen. Jadwal normal pendakian setiap hari akan dibuka mulai menurut pukul 01.00 WIB & waktu masa pembatasan dibuka pukul 03.00 WIB. Untuk mencapai kaldera Ijen demi melihat blue fire bisa ditempuh pada saat dua jam.

Agar pendakian ke wisata Kawah Ijen berlangsung menggunakan lancar, aman, & nyaman, bawa atau kenakan perlengkapan ketika mendaki wisata Kawah Ijen. Berikut daftarnya:Lampu senter (lampu tangan atau headlamp) beserta baterai cadanganMasker gas buat melindungi diri berdasarkan gas beracun sulfur dioksidaMasker kesehatan & hand sanitizerMakanan & minuman ringan

Kamu juga disarankan tidak memakai perhiasan lantaran mampu menciptakan perhiasan hitam saat terpapar sulfur menggunakan belerang kawah Ijen. Selain itu, hindai menggunakan lensa hubungan karena belerang mampu menciptakan iritasi mata. Pastikan pula kamu nir membawa ransel menggunakan barang bawaan yang sangat berat.

Ketika melewati penambang belerang, beri jalan terlebih dahulu karena faktanya mereka mampu mengangkut beban hingga 90 kilogram & menempuh bepergian lebih kurang 2 jam berjalan kaki menuju titik pengumpulan.

Itulah pedoman wisata Kawah Ijen yang telah Traveloka rangkum, selamat mendaki dan tetap utamakan keselamatan ya!

Cari inspirasi liburan lainnya pada Banyuwangi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *