Sejarah & Rahasia Objek Wisata Gunung Ijen – Salsa Wisata

Wisata alam Gunung Ijen adalah galat satu loka wisata Banyuwangi yang sangat populer. Destinasi ini seringkali menjadi pilihan paling laris anggun pada kalangan wisatawan domestik. Tak sedikit juga wisatawan mancanegara yang turut meramaikan objek wisata kaldera vulkanik ini.

Wisata alam yang berupa gunung ini memiliki ketinggian yang tidak jauh beda dengan Gunung Merapi, yaitu 2.386 mdpl. Karena masih berstatus aktif, gunung berapi ini memiliki kawah dengan kandungan mineral sulfur yg melimpah.

Blue Fire sebagai keliru satu daya tarik utama gunung ini. FYI, Blue Fire adalah api abadi. Artinya, api ini nir akan pernah padam dalam kondisi apa pun. Dan gunung ini merupakan satu-satunya gunung berapi pada Indonesia yang menyuguhkan fenomena alam langka ini.

Di global, hanya ada 2 tempat yg mempunyai fenomena alam ini, yaitu pada Indonesia (tepatnya pada Banyuwangi) dan pada Islandia. Dan kenyataan Blue Fire ini mampu kalian lihat dengan kentara ketika hari telah gelap.Sekilas Tentang Jalur Pendakian Gunung Ijen

Trek atau jalur pendakian menuju ke puncak& kaldera sebenarnya cukup mudah. Akses pendakian ini sebagai satu-satunya rute bagi para pendaki yg akan naik juga yg akan turun.

Secara keseluruhan, kondisi medan pendakian pula sudah memadai. Trek telah berupa tanah menggunakan permukaan halus & nisbi landai. Sehingga memudahkan bagi para pemula.

Meski begitu, trek tersebut terbilang sangat panjang. Ditambah lagi ukuran lebar jalannya yang hanya tiga-4 meter dengan kaldera pada galat satu sisinya.

Ada yg unik terkait dengan jalur pendakian di gunung ini. Pengunjung yang kiranya tak kuat jalan menanjak bisa memanfaatkan jasa ojek.

Dengan fasilitas ini, pengunjung hanya perlu menaiki ojek yg berupa gerobak dari pos pertama sampai pos terakhir, Pondok Bunder.Harga Tiket Masuk Gunung Ijen

Mencari liputan tentang harga tiket masuk, porto parkir, dan biaya -porto lainnya memang perlu dilakukan sebelum kalian berkunjung ke sebuah loka wisata.

Tujuannya jelas agar kalian dapat menyiapkan budget yg cukup. Nah, berikut kami rangkumkan detail harga tiket masuk dan sejumlah biayalainnya.RetribusiTarifWisatawan Domestik WeekdayRp5.000,00Wisatawan Domestik WeekendRp7.500,00Wisatawan Mancanegara WeekdayRp100.000,00Wisatawan Mancanegara WeekendRp.150.000,00Biaya Parkir Kendaraan Roda DuaRp5.000,00Biaya Parkir Kendaraan Roda EmpatRp10.000,00Biaya BerkemahRp5.000,00

Harga tiket pada atas dapat mengalami kenaikan sinkron menggunakan anggaran dan kebijakan pihak pengelola wisata. Kenaikan ini biasanya tak terlalu signifikan.

Momen kenaikan harga tiket juga seringnya dipengaruhi sang beberapa faktor tertentu. Contohnya saat peak season, liburan panjang, libur cuti beserta, liburan hari raya keagamaan, dan lain sebagainya.

Untuk harga yang niscaya murah pilih saja paket gathering menurut Salsa Wisata. Semua layanan dan rencana liburan Anda beserta rombongan bisa Anda sesuaikan dengan harga terjangkau.Aktivitas Pendakian Gunung Ijen

Aktivitas pendakian di gunung berapi ini bisa dimulai berdasarkan pos pertama, yaitu Paltuding. Butuh ketika sekitar 4 jam buat tiba pada daerah puncakgunung ini (kecepatan mendaki level santai dan untuk pendaki pemula).

Sedang buat pendaki pro, hanya butuh ketika sekitar dua jam saja buat dapat sampai pada puncak . Tentu ketika tempuh yg relatif lebih singkat ini didukung sang faktor skill dan kecepatan dalam mendaki.

Kemudian buat ketika pendakian, idealnya dimulai pukul 02.00 WIB. Estimasi waktu pemberangkatan ini dimaksudkan agar sesuai dengan perkiraan saat buat https://ijencratertour.com menikmati Blue Fire & sunrise.Bonus View Pohon Cemara & Bunga Edelweis

Gunung yg terkenal dengan kaldera & tambang belerangnya ini rupanya juga ditumbuhi beberapa jenis vegetasi spesialpegunungan. Pohon cemara dan bunga Edelweis contohnya.

Kedua jenis vegetasi ini bisa dipandang secara pribadi di sepanjang jalur pendakian. Tentu semua pengunjung tidak boleh buat memetik bunga Edelweis.

Selain dapat menghambat alam, tindakan ini pula bisa merusak keindahan alam pada gunung ini. Pengunjung hanya diperbolehkan buat mengambil foto saja.

Ada juga sekumpulan pohon Manisrejo yang sungguh eksotis. Daun-daunnya yg berwarna merah terlihat misalnya demam isu semi di luar negeri.

Terlebih, pohon-pohon ini tumbuh di sepanjang lereng gunung. Semakin menambah keelokan gunung ini saja.Fasilitas pada Gunung Ijen

Objek wisata gunung berkawah eksotis ini tentu saja telah dilengkapi menggunakan majemuk fasilitas pendukung. Berikut daftar fasilitas pada sana:Area parkir super-luasWarung atau kios penjual makananToilet generikMusholaCamping groundJasa ojek gerobak

Semua fasilitas ini tersedia pada pos pertama, yaitu Paltuding. Jadi, jika Anda putuskan buat mendaki jalur gunung ini, pastikan Anda telah siapkan perbekalan & perlengkapan dengan baik. Misalnya saja logistik, masker, dan baju hangat.Lokasi Wisata Gunung Ijen

Wisata gunung yang satu ini terletak pada Desa Tamansari, Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi. Provinsi Jawa Timur. Secara generik, lokasinya berada pada daerah perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi & Kabupaten Bondowoso.

Kalian dapat cek lokasi ini via aplikasi peta berdasarkan Google alias Google Map. Nah, dari aplikasi ini, kalian setidaknya dapat mengetahui rute jalan yang harus kalian lewati.

Atau cara lainterbaiknya adalah dengan memakai layanan menurut biro bepergian seperti Salsa Wisata. Sebab, Salsa Wisata menyediakan banyak paket wisata Banyuwangi murah.

Soal kualitas pelayanan, tidak perlu ditanya lagi. Anda sanggup cek testimoni para pelanggannya secara eksklusif di sosial media & website resmi Salsa Wisata.Rute Menuju Wisata Gunung Ijen

Ada tiga pilihan rute menuju wisata gunung ini, yaitu rute berdasarkan Kota Surabaya, Situbondo, & Banyuwangi.Opsi Rute dari Arah Kota Surabaya

apabila kalian bertolak berdasarkan Kota Surabaya, silahkan kalian pilih jalur tol menuju Daerah Probolinggo via Bangli. Setelah keluar tol, lanjutkan bepergian ke Daerah Krasakan kemudian ke Besuki hingga ke Bondowoso.

Nah, menurut Bondowoso, kalian sanggup eksklusif ke arah destinasi wisata gunung ini. Kurang lebih butuh saat tempuh 2 jam. Memang cukup usang. Tak heran apabila poly pengunjung lebih memilih rute menurut Banyuwangi.Pilihan Rute berdasarkan Situbondo

Rute yang satu sedikit lebih singkat lantaran berdasarkan arah Situbondo pribadi menuju ke Wonosari & Bondowoso. Dari titik ini kalian akan lebih dekat ke arah pos pendakian pertama: Paltuding. Rute ini siap beri kalian insentif berupa view hutan pinus & kebun kopi yang latif.Rute berdasarkan Banyuwangi

Nah, rute ini adalah rute terfavorit karena saat tempuhnya jauh lebih singkat. Dari arah Kota Banyuwangi, pribadi arahkan saja kendaraan kalian ke Daerah Licin.

Tak usah risi soal syarat jalan karena jalan pada sini sudah beraspal halus. Sesampainya di Licin, lanjutkan ke arah pos satu, yaitu Paltuding. Di titik inilah kalian akan memulai petualangan kalian.Jam Operasional Gunung Ijen

Wisata alam ini beroperasi selama 24 jam setiap hari. Jam operasional ini tentu sangat mendukung kegiatan pendakian yg begitu diminati oleh para pengunjung.

Sebagian besarpengunjung memang lebih senangmemulai aktivitas mendaki mereka ketika dini hari. Bahkan ada yg menentukan buat berkemah supaya pada malam harinya mereka dapat memulai aktivitas pendakian.

Info tambahan, aktivitas pendakian idealnya dimulai pukul 02.00 WIB. Alokasi saat ini sangat pas buat menikmati sunrise nantinya.

Sepanjang perjalanan, para pengunjung jua bisa menyaksikan keindahan Blue Fire berdasarkan kejauhan. Dan pemandangan menarik lainnya adalah kegiatan petambang lokal yg sibuk menambang belerang buat dijadikan souvenir.

Oh iya, berbicara soal souvenir, ada salahsatu jenis sang-sang spesialBanyuwangi yang unik sebab tidak mampu dijumpai di tempat lain.

Souvenir tadi merupakan bongkahan belerang yang dipahat menjadi tiruan hewan yang lucu. Kura-kura, kelinci, kucing, & objek menarik lainnya. Jika kalian penasaran, segerakan realisasikan rencana liburan kalian ke sini.Tips Berkunjung Ke Gunung Ijen

Ada beberapa tips yang berguna buat kalian yang ingin berkunjung ke wisata gunung ini. Berikut tips-tipsnya:Rencanakan trip kalian di saat yang sempurna. Khusus buat wisata yang satu ini, ada 2 pilihan ketika kunjungan terbaik, yaitu sepanjang Bulan Desember dan antara Bulan Juli & September.Menurut informasi menurut pengelola wisata, Bulan Desember & Januari adalah saat yang terbaik lantaran intensitas kabut pada gunung ini relatif tipis. Cocok sekali buat menikmati view Blue Fire dengan sangat kentara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *