4 Penyebab Anak Tidak Mau Makan OrangTua Wajib Tahu

4  Penyebab Anak Tidak Mau Makan OrangTua Wajib Tahu

Penyebab anak tidak mau makan beragam. Dan hal ini ini menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua terutama bagi memiliki anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Pasalnya asupan gizi anak sekolah harus dipenuhi dengan baik yaitu dengan cara makan.

Menghadapi anak yang susah makan memang tidak mudah karena penyebabnya beragam. Salah satunya mungkin karena merasa tidak suka dengan menu yang baru saja ia makan,  padahal menurut pengamatan Anda ia sangat menyukainya.

 Penyebab Anak Susah Makan

Pada umumnya pada umur tertentu memang anak mengalami fase susah makan.  Hal ini tentu saja menyebabkan kekhawatiran pada orang tua. Sebab mungkn menurut pendapat mereka anak iasanyamudah untuk  makan tiba-tiba kemudian menjadi berhenti.

Orang tua dapat komunikasi kepada anak mengapa  tidak mau makan lagi.  Apakah karena ada perubahan dalam tubuhnya seperti sakit atau stres yang harus diatasioleh orang tua maupun anak. Tanpa komunikasi yang baik, ayah dan ibu akan kesulitan untuk membantunya memecahkan memecahkan masalah ini

Anak Mengalami Tekanan atau Stres

Banyak orang yang berpikir bahwa stres hanya dapat dialami oleh orang dewasa. Namun sebenarnya anak pun dapat mengalaminya. Terutama ketika menghadapi perubahan suasana baru yang mungkin saja  orangua lupa untuk mempersiapkan menghadapi perubahan suasana tersebut.

Untuk anak yang sensitif perubahan sedikit pun dapat mengganggu perasaannya. Misalnya ia harus memasuki sekolah dengan jadwal yang sedikit lebih ketat dibandingkan di rumah.  Perubahan tersebut dapat mengganggu mood-nya untuk makan.

Terlalu banyak dilarang

Pada umumnya orang tua sangat memperhatikan apa yang dikonsumsi oleh anak. Oleh karena itu itu biasanyabanyak sekali menerapkan peraturan untuk menentukan mana makanan yang dapat dikonsumsi oleh anak maupun tidak.

Sebabnya anak juga menyukai makanan manis yang mungkin saja tidak mengandung nutrisi yang dibutuhkan.Sementara orangtua memasak masakan yang menurutnya tidak sesuai dengan seleranya. Hal ini membuat  lama-kelamaan anak kehilangan selera makannya

Porsi yang Terlalu Banyak

Orang tua harus mengetahui dengan tepat berapa banyak makanan yang dapat dihabiskan oleh seorang anak serta tidak memaksakan sejumlah porsi makanan yang mereka pikir dapat anak habiskan. Tentukanlah berapa jumlah banyak makanan yang harus anak makan setiap kali makan besar seperti sarapan makan makan siang dan makan malam

Dengan begitu ana akan belajar bertanggungjawab untuk menghabiskan semuanya. Berilah porsi yang sedikit  terlebih dahulu untuk melihat apakah anak menyukai menu tersebut atau tidak. Katakan pada anak bahwa ia dapat mengambil lagi setelah porsi makan yang disediakan habis.

Ketika anak susah makan perhatikanlah apa penyebabnya sebab seringkali hal-hal sederhanalah yang penyebab  anak tidak mau makan. Komunikasikan dengan baik sehingga anak tidak merasa tertekan ketika harus menghabiskan porsi makanannya. Dengan begitu Ia pun belajar bertanggung jawab untuk menyukai apa saja yang ayah dan ibu sajikan di atas meja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *