Macam-Macam Penyebab AC Tidak Dingin

Air Conditioner (AC) merupakan salah satu jenis barang elektronik yang mempunyai fungsi sebagai pendingin ruangan. Untuk rumah-rumah yang berada di negara iklim tropis seperti Indonesia sangat membutuhkan AC.

Pada saat pemakaiannya AC pasti pernah terjadi berbagai masalah yang disebabkan karena mesin tidak berfungsi secara optimal. Bahkan, satu hal yang sering terjadi juga yaitu AC hanya mengeluarkan angin saja.

Penyebab AC Tidak Dingin

Jika produk Elektronik AC anda tidak dingin tentunya akan merasa kurang nyaman. Apalagi, ketika sedang kondisi panas pasti akan merasa kesal ketika AC tidak berfungsi dengan baik. Untuk kesempatan kali ini akan di bahas secara jelas mengenai apa saja penyebab AC tidak dingin. Lebih jelasnya anda bisa langsung saja simak penjelasan di bawah ini.

Freon AC Mengalami Habis Maupun Kurang

Penyebab AC tidak dingin paling pertama tentunya disebabkan karena freon habis maupun kurang. Selain itu, untuk freon yang mengalami kekurangan maupun kehabisan ini disebabkan karena ada kebocoran pada sirkulasi pipa nya.

Kandungan zat yang ada di dalam freon AC adalah klorin, hidrogen dan broming. Sehingga, bisa membuat AC semakin dingin. Pada saat freon AC mengalami kurang tekanan standar, maka sangat disarankan untuk membuat pipa dan evaporator. Dengan kedua alat tersebut maka bisa menghasilkan gumpalan es.

Filter AC Sudah Mengalami Kotor

Untuk penyebab AC tidak dingin juga bisa dikarenakan filter sudah  kotor. Akibat dari filter kotor ini dikarenakan tidak membersihkan secara rutin. Filter ini mempunyai fungsi sebagai alat saringan kotoran udara yang ada di dalam AC.

Ketika anda sedang mengalami permasalahan tersebut tidak perlu panik dan lakukan satu cara paling mudahnya. Cara nya anda bisa langsung saja membersihkan sendiri di kurun waktu seminggu sekali.

Lakukan pencucian filter AC dengan menggunakan sabun dan usahakan sampai dengan kondisi bersih. Setelah itu, anda harus mengeringkan filter AC terlebih dahulu. Setelah kering anda bisa langsung  memasang kembali filter tersebut.

Ampere Kompresor Mengalami Batas Normal

Para pengguna AC dengan ukuran setengah PK dan mengalami tidak dingin pasti disebabkan karena satu hal. Untuk penyebab AC tidak dingin ini karena kapasitor rusak. Ketika kapasitor dengan kondisi yang baik-baik saja maka untuk penyebab lainnya adalah kompresor melebihi batas normal.

Anda tidak perlu merasa panik ketika mengalami permasalahan tersebut. Hal yang bisa anda lakukan yaitu melakukan pengecekan ampere dengan menggunakan champ meter. Pada saat posisi champ meter berada di posisi A maka kompresor di AC tersebut sedang lemah. Tentunya, dengan kondisi seperti itu sudah waktunya untuk anda mengganti AC dengan yang baru.

Kondensor AC Sudah Kotor

Penyebab AC tidak dingin juga bisa dikarenakan ada kerusakan atau mengalami kotor di bagian kondensor. Untuk letak kondensor sendiri berada di bagian luar AC. Selain itu, fungsi dari kondensor adalah untuk memanaskan freon di beberapa suhu tertentu.

Satu hal yang harus diingat ketika menggunakan AC adalah membersihkan kondensor secara rutin. Hal tersebut harus di lakukan guna AC terus mengeluarkan udara dingin. Cara membersihkan kondensor ini anda bisa menyiram secara perlahan dengan menggunakan sabun.

Apabila anda sudah tidak menggunakan AC dalam jangka waktu lama lebih baik menutup bagian kondensor dengan kain. Usahakan, anda jangan menaruh kondensor dekat dengan tanaman hias maupun ranting pohon.

Nah, itu dia penjelasan mengenai penyebab AC tidak dingin. Semoga dengan penjelasan di atas bisa membantu anda yang sedang mengalami permasalahan tersebut.