6 Cara Efektif Menggunakan Mesin Kopi Otomatis

6 Cara Efektif Menggunakan Mesin Kopi Otomatis

Memiliki mesin kopi otomatis adalah hal yang menyenangkan. Sebabnya, Anda dapat menikmati sajian nikmat setiap harinya tanpa perlu mendatangi cafe kopi. Terlebih lagi di masa pandemi ini, yang membatasi pergaulan sosial. Pilihan terbaik memang membuatnya sendiri di rumah dan menikmatinya bersama keluarga tercinta.

Namun, masalahnya tidak semua orang dapat menggunakannya dengan baik. Simak pembahasan di bawah ini sebagai panduan umum untuk mengoperasikannya.

Menggunakan Mesin Kopi Otomatis

Paling tepat ketika akan menggunakan mesin kopi otomatis adalah dengan membaca buku panduan yang biasa sudah ada sepaket dengan alat tersebut. Namun, bagaimana jika ternyata dikemudian hari manual tidak dapat Anda temukan. Langkah-langkah berikut di bawah ini dapat Anda gunakan sebagai panduan pada umumnya.

Taruh Penyaring Kopi

Jika mesin kopi Anda tidak memiliki fitur penyaring kopi otomatis, maka Anda harus terlebih dahulu memasang penyaring kopi yang tepat. Gunakanlah filter yang memiliki kualitas baik agar dapat menyaring ampas dengan sempurna. Sehingga tidak ada yang lolos ke dalam cairan ekstrak nya.

Menakar Bubuk Kopi

Sebelum memasukan biji atau bubuk kopi ke dalam mesin, pastikanlah Anda mengetahui berapa bobot kopi yang diperlukan untuk membuat ekstraknya sesuai dengan kebutuhan. Karena biasanya setiap jenis minuman tersebut membutuhkan berat yang berbeda. Untuk amannya, baca petunjuk yang tertera pada kemasannya. Setelah itu, lanjutkan dengan memasukkannya pada wadah yang tersedia.

Menakar Jumlah Air

Anda dapat melakukannya dengan cara melihat ukuran yang tertera pada teko kopi tersebut. Tuangkan sebanyak yang Anda perlukan melalui bagian yang terbuka. Perlu diingat bahwa jangan masukkan air tersebut pada wadah kopi yang berisikan bagian penyaring, karena dapat merusak mesinnya.

Konektor Listrik

Jika mesin kopi Anda bukanlah yang otomatis, maka perlu mengkoneksikannya dengan sumber listrik. Namun, jika memiliki fitur otomatis, Anda tinggal menentukan pengaturan waktu yang tepat. Untuk lebih baiknya, bacalah ulang bagaimana cara mengoperasikan mesin tersebut.

Menunggu Proses Ekstraksi

Tunggulah hingga proses ekstraksi bubuk kopi hingga selesai. Mesin akan secara otomatis mencampurnya dengan air yang berada pada teko. Diamkan beberapa saat hingga tercampur rata. Anda dapat menghentikan proses ini di tengah jalan, jika mesin tersebut memiliki fitur pilihan untuk menghentikannya.

Membuang Kertas Filter

Langkah terakhir adalah membuang kerta penyaring yang terpasang. hati-hati menyingkirkannya, karena terdapat ampas kopi yang menempel pada permukaannya. Jangan sampai terjatuh ke dalam larutan tersebut. Singkirkanlah pada waktu yang tepat agar larutan kopi tidak terlalu pahit. Anda dapat menggunakan kembali ampas ini, namun tidak akan  menghasilkan kenikmatan kopi yang sama.

Sekarang Anda tentu dapat mengoperasikan mesin kopi otomatis yang ada. Dengan demikian, secangkir kopi setiap hari dapat dinikmati tanpa perlu mengeluarkan biaya yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *