Mengenal Sukrosa Dalam Susu Formula dan Dampaknya

Mengenal Sukrosa Dalam Susu Formula dan Dampaknya

Melihat kandungan yang terdapat pada produk susu formula adalah hal yang sangat penting. Hal ini beralasan karena kandungan tersebut merupakan nutrisi yang akan dicerna oleh si kecil. Nah, salah satu nutrisi yang perlu diketahui terkait produk susu formula adalah sukrosa dalam susu formula. Pernah mendengar kandungan tersebut sebelumnya?

Pada kesempatan ini akan dibahas tentang apa itu sukrosa dan dampak yang ditimbulkan pada anak. Pengetahuan semacam ini tentu penting agar nantinya Anda bisa memilih produk susu formula yang tepat untuk anak Anda.

Mengenal Sukrosa

Dalam pengertian secara umum, sukrosa adalah nama lain dari gula pasir yang dikonsumsi setiap hari. Kandungan sukrosa berasal dari gabungan antara glukosa dan fruktosa. Oleh karenanya, rasa dari sukrosa cenderung lebih manis daripada glukosa dan kurang manis daripada fruktosa.

Ketika di dalam pencernaan, sukrosa cenderung tidak langsung dicerna. Hal ini dikarenakan darah akan mencerna glukosa terlebih dahulu yang lebih mudah dan menyimpan jenis gula lainnya dalam bentuk lemak.

Dampak Konsumsi Susu Formula Dengan Kandungan Sukrosa

Dalam produk susu formula, sukrosa sering ditambahkan sebagai zat pemanis. Dengan tambahan zat ini, maka produk susu akan terasa lebih manis dan lebih nikmat. Tentu saja, anak akan cenderung lebih menyukainya dan lebih mudah untuk mengonsumsi susu secara teratur.

Hanya saja, apabila kandungan sukrosa dalam susu formula terlalu sering dikonsumsi, ada beberapa dampak buruk yang harus diwaspadai. Beberapa dampak buruk tersebut adalah sebagai berikut:

  • Kerusakan gigi

Salah satu dampak buruk dari konsumsi susu formula yang mengandung sukrosa terlalu sering adalah munculnya kerusakan gigi. Perlu diketahui, zat gula pada susu formula akan cenderung lebih mudah menempel di gigi dan membuat gigi mejadi berlubang. Terlebih jika gigi tersebut tidak dibersihkan secara rutin.

  • Risiko obesitas yang lebih tinggi

Dampak buruk lain dari konsumsi produk susu formula dengan kandungan sukrosa tinggi adalah risiko obesitas yang cukup tinggi. Perlu diketahui bahwa obesitas atau kegemukan adalah salah satu kondisi kesehatan yang buruk dan harus dihindari. Nah, gula menjadi salah satu penyebab peningkatan risiko obesitas tersebut.

  • Mengurangi nutrisi lain

Ketika anak ditanya apakah ia suka mengonsumsi susu yang manis, tentu mereka akan menjawab iya. Namun sayangnya, jawaban tersebut akan menimbulkan masalah yang lain. Pasalnya, ketika anak menyukai suatu makanan atau minuman, ia akan cenderung berusaha mengonsumsi makanan dan minuman tersebut secara terus menerus.

Nah, jika kondisi ini terjadi, maka nutrisi anak dari makanan lain pun tidak akan terpenuhi. Nutrisi yang terdapat dalam tubuh anak nantinya hanya terbatas pada gula saja sehingga kesehatan mereka pun pada akhirnya akan terganggu.

Beberapa hal di atas adalah apa yang perlu Anda ketahui tentang sukrosa dalam susu formula. Oleh karenanya, Anda perlu lebih bijak dalam memilih produk susu formula untuk anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *