Pencernaan Sehat dan ciri-cirinya

Pencernaan Sehat dan ciri-cirinya

Saluran pencernaan merupakan salah satu saluran yang wajib diperhatikan karena setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi akan dicerna di saluran pencernaan. Oleh karena itu, menjaga agar pencernaan sehat adalah pilihan yang tepat karena kesehatan pada sistem pencernaan bisa mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hal itu disebabkan karena pada organ-organ pada sistem pencernaan memiliki fungsi untuk mengubah makanan menjadi zat gizi untuk tubuh.

Memahami proses pencernaan sehat

Perlu anda ketahui bahwa pencernaan yang baik yaitu makanan yang masuk kedalam mulut akan dihancurkan oleh gigi setiap kali seseorang mengunyah makanan. Setelah itu makanan dilumatkan dengan bantuan air liur yang mana air liur mengandung enzim yang mampu menghaluskan makanan agar kerja organ pencernaan lebih mudah. Setelah lumat, makanan akan ditelan dan bergerak melewati kerongkongan hingga lambung dan proses ini dibantu oleh gerak peristaltik kerongkongan yang mampu meremas-remas dan mendorong makanan di sepanjang saluran pencernaan. Kondisi pencernaan sendiri memang berbeda setiap orang akan tetapi penting untuk anda agar mengetahui ciri-ciri bahwa pencernaan anda baik-baik saja atau jauh dari masalah.

Ciri-ciri pencernaan sehat yang perlu dipahami

Ada beberapa ciri yang wajib anda ketahui terkait dengan pencernaan sehat. Ciri pertama adalah buang air besar teratur. Frekuensi buang air besar normal umumnya adalah 3 sampai 4 kali dalam seminggu. Selain itu, ada juga beberapa orang yang memang terbiasa BAB setiap hari dan ini termasuk wajar karena setiap orang memiliki laju metabolisme tubuh yang berbeda. Pola buang air besar yang teratur tanpa meninggalkan rasa sakit menandakan bahwa pencernaan bekerja dengan baik. Pola BAB juga dikatakan teratur apabila tidak sewaktu-waktu berubah menjadi lebih jarang atau lebih sering dari biasanya.

Selain itu, ciri lainnya yang bisa kita lihat adalah feses berwarna coklat dan tidak keras. Memperhatikan bentuk dan feses memang penting untuk mengetahui apakah sistem pencernaan berjalan lebih baik atau tidak. Feses sendiri terbuat dari kombinasi 75% air dan 25% materi padat. Materi padat inti terdiri dari sistem makanan, bakter yang sudah mati, racun dan limbah sisa hasil metabolisme tubuh dan juga zat lainnya. Adapun proses pembuatan feses dalam usus biasanya berlangsung selama 3 hari. Feses yang sehat umumnya bertekstur lunak, berwarna coklat, berbentuk lonjong dan mudah dikeluarkan.

Sedangkan ciri pencernaan sehat terakhir adalah kentut dan sendawa beberapa kali dalam sehari. Sendawa dan kentut merupakan cara tubuh mengeluarkan gas yang diproduksi selama proses pencernaan makanan. Gas ini sendiri merupakan bentukan dari bakteri dalam lambung besar yang bekerja memecah sisa makanan yang datang dari usus halus.  Dengan tanda-tanda tersebut anda alami setiap harinya maka pencernaan anda dalam keadaan sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *